Mesothelioma - Sistem Staging - Ikhtisar


Sabtu, 22 September 2018

Mesothelioma - Sistem Staging - Ikhtisar

Selama beberapa dekade, dokter telah menangani keseriusan kanker tertentu dalam hal tahapan. Selama bertahun-tahun, berbagai sistem pementasan telah dikembangkan untuk membantu dokter dalam menentukan diagnosis dan bentuk perawatan terbaik untuk pasien yang bersangkutan.

Ada tiga sistem pementasan populer yang digunakan untuk memeriksa sejauh mana mesothelioma. Masing-masing dari tiga sistem pementasan yang berbeda mengukur berbagai faktor mesothelioma ganas termasuk sejauh mana tumor atau massa primer, metastasis (penyebaran), dan keterlibatan kelenjar getah bening.

Sistem Butchart

Sistem Butchart adalah sistem pementasan tertua untuk mesothelioma ganas dan merupakan yang paling sering digunakan oleh dokter dan spesialis untuk mendiagnosis dan mengobati mesothelioma ganas. Sistem Butchart didasarkan pada ukuran tumor (massa) dan membagi mesothelioma ganas menjadi empat tahap:

Stadium I - Mesothelioma ganas telah mempengaruhi sisi kanan atau kiri rongga dada (pleura) dan dapat dilihat di diafragma.

Stadium II - Mesothelioma ganas telah ditemukan di pleura pada kedua sisi tubuh dan mungkin juga telah pindah ke jantung, perut, atau kerongkongan di kedua sisi. Kelenjar getah bening mungkin terpengaruh.

Stadium III - Mesothelioma ganas telah mencapai rongga perut (peritoneum). Kelenjar getah bening melewati dada mungkin akan terpengaruh.

Stadium IV - Mesothelioma ganas telah mencapai organ lain dan telah memasuki aliran darah.

Sistem TNM

Sistem TNM adalah sistem pementasan yang lebih modern untuk mesothelioma ganas. Sistem TNM didasarkan pada sejauh mana tumor, metastasis, dan keterlibatan kelenjar getah bening. Sistem ini juga membagi mesothelioma ganas menjadi empat tahap:

Stadium I - Mesothelioma ganas hadir di rongga dada kiri atau kanan (pleura) dan mungkin telah menjalar ke paru-paru, kantung di sekitar jantung (perikardium), atau diafragma di sisi yang sama. Kelenjar getah bening di Tahap I tidak terlibat.

Stadium II - Mesothelioma ganas telah mencapai dari satu sisi rongga dada ke kelenjar getah bening dekat area paru pada sisi yang sama dengan kanker. Kanker telah menyebar ke diafragma, perikardium (kantung di sekitar jantung), atau paru-paru di sisi yang sama dengan kanker asli.

Stadium III - Mesothelioma ganas telah menembus lapisan dada, jantung, esofagus, otot, tulang rusuk, dan organ vital di dalam rongga dada di sisi yang sama dengan kanker. Kelenjar getah bening mungkin atau mungkin tidak terlibat selama tahap ini.

Stadium IV - Mesothelioma ganas telah bermetastasis ke area pleura dan kelenjar getah bening di sisi berlawanan di mana tumor kanker berada. Mungkin juga telah mencapai rongga dada atau paru-paru di kedua sisi atau mungkin telah menyebar ke perut.